Usai Hajar Malaysia, Peringkat FIFA Timnas Indonesia Meroket

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 21 Des 2021 05:58 WIB

Usai Hajar Malaysia, Peringkat FIFA Timnas Indonesia Meroket

i

Elkan Baggot merayakan bersama Evan Dimas usai mencetak gol keempat bagi Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

SURABAYAPAGI.com, Jakarta – Usai mengalahkan musuh bebuyutannya, Malaysia, di laga terakhir Grup B Piala AFF 2020. Peringkat FIFA Timnas Indonesia mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

 

Baca Juga: Faktor Lucky!

Ini setelah Timnas Indonesia menang telak atas Malaysia dengan skor 4-1 di laga terakhir babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020, di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12/21) malam WIB kemarin.

 

Meski tim asuhan Shin Tae-Yong (STY) ini tertinggal lebih dahulu melalui gol Kogileswaran Raj di menti ke-13. Tetapi 23 menit kemudian, Timnas Indonesia menyamakan kedudukan lewat gol Irfan Jaya menit ke-36.

 

Pemain PSS Sleman itu berhasil membalikan keadaan menjadi 2-1 setelah sepakannya berbuah gol di menit ke-43. Di babak kedua, penampilan anak asuh Shin Tae-yong makin kesetanan.

 

Tambahan dua gol mereka bukukkan masing-masing dari Pratama Arhan menit ke-50, dan Elkan Baggott menit ke-82. Skor 4-1 menutup pertandingan Timnas Indonesia vs Malaysia.

 

Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia lolos sebagai juara Grup B Piala AFF 2020, usai unggul selisih gol dari Vietnam meski sama-sama mengoleksi 10 poin.

 

Di babak semifinal, Timnas Indonesia akan bertemu dengan Singapura dalam dua leg, pada Rabu (22/12/21) dan Sabtu (25/12/21).

Baca Juga: Kerja Keras Lagi, Garuda…

 

Penampilan impresif yang ditunjukan para pemain Timnas Indonesia akhir-akhir ini berdampak positif terhadap posis mereka di ranking FIFA.

 

Jika melihat daftar peringkat di situs resmi FIFA edisi November 2021, Timnas Indonesia masih menempati urutan ke-166 dengan total 981,18 poin.

 

Namun untuk edisi Desember, kemungkinan posisi Skuad Garuda akan mengalami perubahan signifikan, karena raihan hasil bagus sepanjang bulan November-Desember 2021.

Baca Juga: Peluang Lolos Timnas Tipis Banget

 

Dilansir dari football-ranking.com, kemungkinan Timnas Indonesia akan menambah 11,13 poin dari kemenangan-kemenangan yang mereka kumpulkan sepanjang November-Desember.

 

Beberapa di antaranya mampu menang 4-1 atas Myanmar di laga uji coba dan juga laga resmi Piala AFF 2020. Itu membuat perolehan Indonesia menjadi 992,31 poin.

 

Dengan demikian Evan Dimas dan kolegaNamun, perlu diingat ini hanya perhitungan football-ranking.com, bukan perhitungan resmi FIFA. Tapi, kemungkinannya tidak akan jauh berbeda dari perhitungan resmi FIFA. (ids/er/rm)

Editor : Raditya Mohammer Khadaffi

BERITA TERBARU