Vaksin Booster Covid Mulai 12 Januari, Ini Targetnya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 04 Jan 2022 15:31 WIB

Vaksin Booster Covid Mulai 12 Januari, Ini Targetnya

i

Vaksin Covid-19

SURABAYA PAGI, Jakarta - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadiki mengungkapkan bahwa program vaksin booster Covid-19 akan dimulai pada 12 Januari 2022. Vaksin booster akan diberikan sesuai rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yaitu untuk kelompok usia di atas 18 tahun. Vaksin booster akan disuntikkan dengan jangka waktu di atas 6 bulan setelah penyuntikan dosis kedua.

"Kita identifikasi ada sekitar 21 juta sasaran di bulan Januari yang sudah masuk ke kategori ini," ujar Budi. Selain itu, ia menjelaskan, kabupaten/kota harus memenuhi kriteria sebelum menggelar vaksinasi booster, yaitu memiliki cakupan vaksinasi Covid-19 dosis pertama mencapai 70 persen dan 60 persen untuk dosis kedua. "Jadi sampai sekarang ada 244 kabupaten kota yang sudah memenuhi kriteria tersebut," kata Budi.

Baca Juga: Peringati Hari Pers, PWI Blitar Raya Gelar Baksos juga Cek Kesehatan dan Vaksinasi Booster Gratis

“ Indonesia membutuhkan 230 juta dosis vaksin. Indonesia sudah mengamankan pasokan vaksin sebanyak 113 juta dosis vaksin” ujar Budi.

Baca Juga: Vaksinasi Booster Kedua Kota Mojokerto Terkendala Stok


Jenis vaksin dan skema vaksinasi booster ini masih belum bisa dipastikan. Jenis boosternya akan ada yang homolog (vaksin yang sama dengan yang sebelumnya) dan ada yang heterolog (booster berbeda dengan dua dosis vaksin awalnya).

"Dan Ya mudah-mudahan nanti akan bisa segera diputuskan tanggal 10 Januari 2022 sesudah keluar rekomendasi dari ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization) dan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan)," jelas Budi. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU