Vaksin Merah Putih Masuk Uji Preklinik Hewan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 16 Apr 2021 14:02 WIB

Vaksin Merah Putih Masuk Uji Preklinik Hewan

i

Rektor Unair Prof Mohammad Nasih

Unair : Kita Nggak Ingin Grusa-Grusu

SURABAYAPAGI,Surabaya - Pengembangan Vaksin Merah Putih masih terus berjalan. Vaksin merah putih buatan Universitas Airlangga (Unair) kini tengah memasuki tahap uji preklinik hewan transgenik. Tahapan ini ditargetkan rampung dalam 3 bulan dan telah dilakukan sejak 9 April 2021 lalu.

Baca Juga: Ratusan Anggota DPC PERADI Sidoarjo Antusias Ikuti Gelar Bakti Kesehatan Vaksinasi Covid-19

Rektor Unair Prof Mohammad Nasih mengatakan pihaknya sampai sekarang belum menyiapkan uji klinis pada manusia karena memang harus ada beberapa tahap yang harus dilewati.

" Uji klinis pada manusia belum boleh disiapkan, nanti dikira mendahului," ungkap Prof Mohammad Nasih di Gedung Rektorat Unair Kampus C Surabaya, Jumat (16/4/2021).

Nasih menjelaskan, sebelum uji klinis wajib dilakukan uji preklinik terlebih dulu pada hewan. Setelah itu, baru dilaporkan ke BPOM untuk menindaklanjuti. Jika BPOM telah setuju untuk dijalankan, pihak Unair baru bisa menyusun uji klinis.

Baca Juga: Vaksin Booster Covid-19 Kedua Harus Bayar Rp100 Ribu

"Kalau kita mendahului nggak enak, nanti dikira ini itu. Sekali lagi uji pre klinik tuntas, hasilnya kita laporkan ke BPOM. Kemudian di sana (BPOM) rekomendasinya, lanjut atau gimana, kita susun protokolnya, izin keluar untuk uji klinisnya, baru kita lakukan uji klinisnya," ujarnya.

Nasih menambahkan Unair saat ini tak ingin tergesa-gesa dan tetap mengikuti mekanisme yang ada. Ia juga mengungkapkan, pihaknya belum menyiapkan relawan manusia untuk uji klinis nanti. Sebab, ia tak ingin menjadi kontroversi lagi.

"Nanti ndisiki kerso (Nanti Jangan mendahului kehendak Tuhan). Nanti jadi kontroversi lagi, nanti malah tidak sesuai dengan harapan kita semua. Memang harus sabar, telaten, berbesar hati untuk mengikuti semua hal yang ada. Toh sudah ada Sinovac, AstraZeneca. Secara teknis kita mengikuti mekanisme yang ada, kita nggak ingin grusa-grusu," jelasnya.

Baca Juga: Vaksinasi Booster Kedua Kota Mojokerto Terkendala Stok

Di kesempatan yang sama, agar vaksin Merah Putih bisa segera diselesaikan, Nasih meminta doa dan dukungan dari masyarakat. Namun, saat ini pihaknya tidak ingin terlalu menggembar-gemborkan vaksin Merah Putih.

"Pelan-pelan, kami juga mohon tenang-tenang saja dulu. Jangan sampai muncul menjadi kontroversi, belum apa-apa sudah dipenggal, nggak jadi nanti. Pokoknya tenang-tenang saja, aman-aman saja, Insyaallah jadi," pungkasnya.dk/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU