Wali Kota Bagi Ribuan Masker Anak di Puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2021

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 23 Jul 2021 17:21 WIB

Wali Kota Bagi Ribuan Masker Anak di Puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2021

i

Wali Kota Mojokerto saat berinteraksi dengan anak-anak Kota Mojokerto di peringatan Hari Anak Nasional 2021. SP/Dwy AS

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari membagi ribuan masker medis anak pada puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2021, di Ruang Nusantara, Kantor Pemkot Mojokerto, Jumat (23/7/2021) pagi. 

Tak hanya itu, petinggi Pemkot ini juga memberi kado istimewa bagi anak-anak Kota Mojokerto yang lahir tepat di Hari Anak Nasional.

Baca Juga: Sosialisasi PPDB Online 2024, Pj Wali Kota Mojokerto Minta Jangan Ada Sekat Geografis dan Minimalisir Persoalan Klasik

"Peringatan Hari Anak diselenggarakan secara serentak pada hari ini dengan tema 'Anak Terlindungi Indonesia Maju. Maka saat pandemi kita harus punya langkah strategis dalam rangka melindungi anak Indonesia," ujar Ning Ita kepada wartawan.

Ning ita menyebut, upaya konkrit tersebut salah satunya dengan  memotivasi anak-anak untuk taat dan tertib bermasker saat beraktivitas di luar rumah. "Jika mereka patuh kita berikan hadiah kecil untuk mengapresiasi dan memotivasi mereka," jelasnya.

Selanjutnya, lanjut Ning Ita, langkah konkrit untuk melindungi anak-anak di kala pandemi yakni dengan menyediakan 100 boks masker ukuran anak-anak dan akan dibagikan di tahap pertama mulai hari ini.

"Dan semoga upaya seperti ini bisa membiasakan dan membuat anak-anak terlindungi terutama yang dibawah umur 12 tahun karena belum masuk sasaran vaksinasi," cetusnya.

Menurut Ning Ita, langkah tersebut untuk mendisiplinkan diri dan mengedukasi melalui cara yang menyenangkan. Kalau ini sudah Jadi kebiasaan maka ia optimis anak-anak akan terlindung dari paparan covid-19.

"Karena kedepan masa depan bangsa ada di pundak mereka, itulah pentingnya menjaga melindungi sekaligus mengantarkan mereka menuju masa depan yang berkualitas," ujarnya.

Baca Juga: Meriah, Lomba Patrol Ramadhan Diikuti Ratusan Pelajar dan Karang Taruna Se Kota Mojokerto

Wali Kota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini menambahkan, untuk tetap memberi bekal pendidikan yang berkualitas di kala pandemi, pihaknya akan mengupayakan strategi pembelajaran daring  menjadi menarik bagi anak-anak. 

Terpisah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto, Amin Wachid mengatakan peringatan hari anak tahun 2021 ini diperingati secara sederhana. Ini lantaran pandemi covid-19 masih belum berakhir.

"Tadi kita melakukan perayaan hari anak nasional secara virtual dengan Presiden Jokowi dan sejumlah menteri. Pak Presiden berpesan agar anak-anak Indonesia tetap semangat belajar dan bermain dengan riang gembira di rumah di masa pandemi," ungkapnya.

Amin melanjutkan, anak-anak Indonesia menghabiskan hari-hari dalam setahun ini dengan lebih sering berkegiatan dan belajar di rumah, tidak bepergian dan tidak bermain keluar rumah.

"Saya tahu mereka pasti rindu berkumpul dengan teman, sepupu, atau kakek dan nenek. Namun keadaan ini bukanlah keinginan kita. Semua ini kita lakukan untuk keselamatan kita semua yang berada di lingkungan kita agar tidak tertular Covid-19," pungkasnya.

Baca Juga: Kawal Hak Pekerja, Pemkot Mojokerto Buka Posko Pengaduan THR

Dari pantauan Surabaya Pagi, puncak peringatan Hari Anak Nasional 2021 di Kota Mojokerto tetap diperingati meski dengan cara yang sederhana.

Sejumlah anak usia sekolah dasar diundang untuk hadir dengan menggunakan pakaian adat nusantara. Usai diajak mendengar sambutan virtual Presiden Jokowi, anak -anak ini juga diajak berinteraksi langsung dengan Wali Kota.

Ning Ita menghampiri mereka satu persatu dan mengajak bicara terkait baju apa yang mereka kenakan dan cita-cita apa yang ingin mereka raih kelak. Tak hanya itu, Ning ita juga memberi kado berupa tas sekolah yang didalamnya berisi peralatan sekolah secara lengkap. 

Selain Wali Kota, tampak hadir Wakil Wali Kota Ahmad Rizal Zakaria dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Mojokerto, Nur Chasanah. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU