Wali Kota Madiun H Maidi Buka Peluncuran Program BKKBN

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 17 Okt 2021 16:32 WIB

Wali Kota Madiun H Maidi Buka Peluncuran Program BKKBN

i

Wali Kota Madiun H.Maidi beserta ibu wali kota Hj Yuni Maidi memberi penyuluhan dan Bantuan gizi kepada ibu- ibu peserta KB.

SURABAYAPAGI.COM , Madiun - Walikota Madiun H .Maidi secara resmi membuka peluncuran program BKKBN. Kali ini Kota Madiun terpilih sebagai pilot project program penurunan stunting, pelayanan implan satu batang, pil KB menyusui, dan program dapur sehat (dashat) oleh BKKBN. Prosesi peluncuran program tersebut berlangsung di Kampung KB Gedongan, kelurahan Manguharjo  Kecamatan Manguharjo, Jumat (15/10).

Dalam agenda tersebut hadir Kepala Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN Waluyo Ajeng Lukitowati dan Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur Dwi Listyowardani.

Baca Juga: Tekan Inflasi, Pemkot Madiun Optimalisasikan Keberadaan ‘Wartek’ dan Pasar Murah

Acara tersebut juga dibuka secara langsung oleh Wali Kota Madiun Maidi yang didampingi oleh Ketua DPRD Kota Madiun Andi Raya Bagus Miko Saputra, Ketua TP PKK sekaligus Bunda GenRe Kota Madiun Hj. Yuni Setyawati Maidi, serta perwakilan Forkopimda lainnya.

 

Dalam sambutannya, Wali Kota H. Maidi menyampaikan bahwa stunting merupakan salah satu permasalahan yang mendapat perhatian khusus dari Pemkot Madiun. Sebab, berkaitan dengan kualitas generasi penerus.

"Permasalahan stunting Kalau tidak segera diatasi, akan menjadi masalah yang berkepanjangan. Kota kita juga tidak akan maju," katanya.

Baca Juga: Wali Kota Maidi Beri Pengarahan Sambil Gowes

Untuk itu, beragam upaya dilakukan agar tidak ada lagi anak stunting di Kota Madiun. Di antaranya, pemberian vitamin kepada perempuan sejak sebelum menikah, pembinaan terhadap calon pengantin, gizi ibu hamil dan menyusui, hingga pemenuhan gizi bagi anak stunting.

Hasilnya, dalam dua tahun terakhir angka stunting di Kota Madiun berhasil ditekan. Dari sekitar 11 persen menjadi 7 persen saat ini. 

"Ini salah satu upaya kita meningkatkan IPM Kota Madiun. Yakni, menuntaskan stunting dan mencetak generasi berkualitas," imbuhnya.

Baca Juga: Tahun Depan, Dishub Kota Madiun Ambil Alih Area Parkir Pihak Ketiga

Sementara itu, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan vaksinasi Covid-19 bagi keluarga. Wali kota juga membagikan suplemen penambah gizi bagi ibu menyusui. Ani/Aan

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU