Wali Kota Ning Ita Raih Penghargaan OPOP dari Gubernur Jatim

author surabayapagi.com

- Pewarta

Sabtu, 18 Mar 2023 07:50 WIB

Wali Kota Ning Ita Raih Penghargaan OPOP dari Gubernur Jatim

i

Walikota Mojokerto Ika Puspitasari

SURABAYA PAGI.COM, Mojokerto - Keseriusan Walikota Ika Puspitasari dalam mendukung penuh program prioritas Pemerintah Provinsi Jawa Timur, One Pesantren One Product (OPOP) berbuah hasil.

Walikota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini mendapat penghargaan Nawa Bhakti Satya melalui Jawa Timur (Jatim) Berdaya dalam program Ekonomi Masyarakat berbasis Pesantren, One Pesantren One Produk (EKO-TREN OPOP) tahun 2023.

Penghargaan itu, diberikan langsung Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, di salah satu hotel Kota Malang, Jumat (17/03/2023) sore.

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto itu mengatakan, jika program OPOP tersebut telah dicanangkannya sejak tahun 2021 lalu dengan membentuk Tim OPOP Kota Mojokerto.

"Tim OPOP bertugas mendorong pesantren di Kota Mojokerto lebih mandiri. Karena ponpes memiliki potensi secara ekonomi untuk menjadi motor penggerak ekonomi kerakyatan, ekonomi syariah, dan UMKM halal," ujarnya.

Ning Ita menyebut, Pemkot Mojokerto sejak tahun 2020 hingga 2023 terus konsisten menjalankan program inkubasi wirausaha dalam bentuk 4P.

Yakni Pelatihan, Pendampingan, Pemberian Modal Usaha dan Pendukungan Koperasi. Selain menyasar masyarakat umum, program ini juga menyasar kalangan pondok pesantren.

"Harapan kita, para santri tidak hanya mampu mandiri secara ekonomi dan sosial, tetapi juga dapat memacu pengembangan skill, teknologi produksi, distribusi, pemasaran serta pengembangan koperasi melalui pendekatan inkubasi 4P," pungkasnya.

Diharapkan dengan adanya program OPOP ini, pondok pesantren di Kota Mojokerto dapat lebih mandiri karena apabila pondok pesantren maju maka umat pun akan sejahtera. Dwi .

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU