Wali Kota Terima Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik se-Jatim

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 16 Apr 2021 10:48 WIB

Wali Kota Terima Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik se-Jatim

i

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menerima Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik Kategori Kota se-Jatim. SP/Dwy AS

SURABAYAPAGI.com, Mojokerto - Pemerintah Kota Mojokerto kembali menorehkan prestasinya di tahun 2021. Kali ini, Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Terbaik III diserahkan langsung oleh Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari, pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Pemerintah Jawa Timur, di Ballroom Hotel Shangri-La Surabaya, Kamis (15/4/2021).

Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, pada arahanya mengatakan bahwa pada dasarnya percepatan pembangunan daerah melalui digitalisasi di setiap pemerintahan telah dilakukan. Namun, ada pemerintah daerah yang merasa telah melakukan percepatan namun perlu perluasan, maka seyogianya dilakukan pembaharuan agar pemanfaatan digitalisasi dapat mencakup secara keseluruhan.

Baca Juga: Insiden RS Gatoel Kota Mojokerto Terbakar: 3 Petugas Internal Luka-luka, Pelayanan di Tutup

"Kami sangat mengapresiasi daerah-daerah yang telah melakukan percepatan pembangunan. Dengan pembangunan yang baik tentunya diharapkan mampu membawa kebaikan pula dan kemanfaatan bagi semuanya. Karena, Jawa Timur merupakan daerah penyumbang perekonomian terbesar kedua di Indonesia, dengan kontribusi 14,57 persen," kata gubenur perempuan pertama di Jawa Timur ini.

Sementara itu, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari sangat bersyukur atas Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik III yang diperoleh. Dimana, penghargaan yang diperoleh tersebut dapat menjadi tolak ukur bahwa Kota Mojokerto telah menyusun dokumen perencanaan yang konsisten, komperhensif, terukur dan dapat dilaksanakan.

Baca Juga: Khofifah : Semua Elemen Harus Bekerja Keras

"Tidak hanya percepatan pengembangan perluasan digitalisasi yang saat ini menjadi konsen kami Pemerintah Kota Mojokerto. Melainkan, perubahan-perubahan dan pengembangan kota dari tahun ke tahun yang sangat signifikan menjadi nilai tersendiri. Seperti, Pertumbuhan Ekonomi dan Pertumbuhan PDRB per Kapita, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dan Jumlah Penganggur, Kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Ketimpangan, Pelayanan Publik dan Pengelolaan Keuangan Transparansi dan Akuntabilitas," jelas Ning Ita, sapaan akrabnya.

Lebih rinci Ning Ita menjelaskan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Mojokerto mengalami peningkatan menurut data Badan Pusat Statistik (BPS). Dimana, tahun 2018 IPM mencapai 77,14 persen, tahun 2019 IPM mencapai 77,96 persen dan di tahun 2020 IPM mencapai 78,04 persen. Sedangkan untuk pertumbuhan ekonomi capaian di tahun 2019 sebesar 5,75 persen dan pada tahun 2020 pertumbuhan ekonomi di Kota Mojokerto mengalami kontraksi sebesar minus 3,69 persen karena adanya pandemi Covid-19.

Baca Juga: Khofifah: Alhamdulillah Program Kami Efektif

"Penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) ini berdasarkan atas dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dan proses penyusunan RKPD. Selain itu, juga dinilai pencapaian pelaksanaan dokumen RKPD serta inovasi yang dikembangkan masing-masing daerah," ungkap wali kota perempuan pertama di Mojokerto ini.

"Kita patut berbangga bahwa diraihnya Penghargaan Pembangunan Daerah merupakan pengakuan keberhasilan Kota Mojokerto dalam menyiapkan perencanaan, pelaksanaan serta pencapaian pembangunan daerah dilakukan dengan baik. Selain itu, Kota Mojokerto dinilai mampu  melaksanakan keterpaduan pembangunan pusat dan daerah," ungkap Ning Ita. Dwy

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU