Wujudkan Herd Immunity, 150 Warga Rungkut Mapan Jalani Vaksin

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 22 Jun 2021 15:19 WIB

Wujudkan Herd Immunity, 150 Warga Rungkut Mapan Jalani Vaksin

i

Petugas melakukan vaksinasi kepada salah satu warga Rungkut Mapan Barat, Surabaya, Selasa (22/6/2021). SP/ARLANA

SURABAYAPAGI, Surabaya - Menyikapi lonjakan kasus Covid-19 di Jawa Timur, warga Rungkut Mapan Barat (RMB) RW 08 Surabaya berinisiatif menggelar vaksinasi bagi petugas keamanan, petugas kebersihan, pengurus RT dan RW hingga warganya sendiri menggunakan vaksin Sinovac.

Sekitar 150 dosis vaksin Sinovac, disuntikkan kepada warga RMB RW 08 setelah mengajukan izin ke Camat Gunung Anyar dan puskesmas setempat. Alhasil, warga perumahan di kawasan Rungkut ini antusias mengikuti vaksinasi yang digelar di lapangan Timur RMB sebagai upaya pencegahan Covid-19.

Baca Juga: Jelang MPLS 2023, SMP Tenggilis Jaya Surabaya Hanya Punya 1 Siswa

“Kami mengajak kepada warga terutama yang lansia dan yang di atas usia 50 tahun, khususnya untuk anggota satgas yang dulu pernah divaksin tahap pertama sekarang ini kita melakukan tahap kedua. Jadi kita memang cari momen supaya bisa bersamaan serentak,” kata Harijanto selaku Ketua Satgas Covid-19 Rukun Warga 08 Rungkut Mapan Barat. Selasa (22/6/2021).

Harijanto menambahkan, vaksinasi bagi warga dan pengurus kampung serta petugas keamanan dan kebersihan ini juga merupakan upaya untuk memutus mata rantai Covid-19 serta membentuk Herd Immunity di lingkungan RMB RW 08.

“Kami juga tetap mengharap kepada warga bahwa pemberian vaksin ini tidak merupakan suatu jaminan bahwa kita bisa bebas dari Covid-19, tetapi kita tetap memberikan materi protokol kesehatan yang ketat juga, mengingat kondisi saat ini kan trendnya lagi naik di Surabaya,” tambahnya.

Baca Juga: Ratusan Anggota DPC PERADI Sidoarjo Antusias Ikuti Gelar Bakti Kesehatan Vaksinasi Covid-19

Bagi seorang warga RMB RW 08 seperti Victorius, kegiatan vaksinasi di lingkungan perumahannya ini sangat bermanfaat bagi dirinya. Karena dia sama sekali belum pernah divaksin, dan ia tak merasakan efek apapun setelah disuntik vaksin Sinovak pertama kalinya.

“Gak terasa apa-apa, suntikan juga gak terasa sakit kok,” ujarnya.

Baca Juga: Vaksin Booster Covid-19 Kedua Harus Bayar Rp100 Ribu

Meski vaksinasi ini digelar secara mandiri oleh warga RMB 08 Surabaya, proses suntik vaksin tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan diawasi petugas puskesmas dan satgas Covid-19 serta polisi dari Polsek Gunung Anyar.

“Saya sangat bangga dengan warga di Rukun Warga 08 Rungkut Mapan Barat Surabaya ini. Kesadaran mereka terhadap program vaksinasi sangat tinggi. Saya ucapkan terima kasih kepada Satgas Covid-19 Rukun Warga 08 Rungkut Mapan Barat, termasuk kepada para Relawan Bodreks yang telah membantu kelancaran pelaksanaan vaksinasi ini. Tentu, itu semua memperingan tugas saya”, kata Maria Agustin Yurustina, Camat Gunung Anyar.  By

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU