Patrick Vieira Resmi Dipecat dari Crystal Palace

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 17 Mar 2023 17:16 WIB

Patrick Vieira Resmi Dipecat dari Crystal Palace

i

Patrick Vieira. Foto: Reuters.

SURABAYAPAGI.COM, London - Batas toleransi Crystal Palace terhadap Patrick Vieira sepertinya sudah habis. Hal tersebut dibuktikan dengan dipecatnya Vieira dari kursi pelatih tim utama klub Liga Primer Inggris tersebut per Jumat (17/3/2023).

Keputusan ini diambil seiring dengan rangkaian hasil minor yang diraih The Eagles. Mereka tercatat tidak pernah menang dalam 12 pertandingan beruntun di semua ajang. Bahkan, mereka sama sekali belum memetik hasil positif di tahun 2023.

Crystal Palace tidak pernah menikmati kemenangan sejak pergantian tahun. Sebab, kemenangan terakhir yang mereka rasakan adalah ketika menumpaskan Bournemouth dengan skor 2-0 di lanjutan Liga Inggris 2022-2023 pada 31 Desember 2022.

Toleransi berakhir setelah Palace ditumbangkan Brighton & Hove Albion di Liga Primer Inggris dengan skor 0-1 di Brighton, Inggris, akhir pekan lalu. Timnya gagal mencetak gol di masing-masing dari empat pertandingan terakhir mereka di bawah pelatih Prancis itu.

Imbas dari serangkaian hasil minor tersebut, Wilfried Zaha dan kolega kini ada di peringkat ke-12 klasemen sementara Liga Inggris 2022-2023. Mereka masih berada enam tingkat di atas zona degradasi, tapi hanya unggul tiga poin dari Bournemouth, yang menempati urutan ke-18 di klasemen sementara.

Sebuah pernyataan dari pimpinan Crystal Palace, Steve Parish menngaku menyesal dengan keputusan yang dibuat.

"Dengan sangat menyesal keputusan sulit ini telah dibuat. Pada akhirnya, hasil dalam beberapa bulan terakhir telah menempatkan kami pada posisi liga yang genting dan kami merasa perubahan diperlukan untuk memberi kami kesempatan terbaik untuk mempertahankan status Premier League." ujar presiden Palace Steve Parish dalam sebuah pernyataan resmi, Jum’at (17/3/2023).

"Dia memimpin tim ke semifinal Piala FA Wembley dan finis di urutan ke-12 yang terhormat musim lalu memainkan sepak bola yang menarik, yang merupakan musim yang menantang dan krusial bagi klub mengingat perubahan yang kami lakukan pada skuat sebelum kedatangannya," lanjutnya.

"Patrick telah memberikan segalanya untuk klub, dan kami semua berterima kasih padanya dan timnya atas layanan mereka.Namun, klub harus mempertahankan posisi di Liga Inggris musim ini," imbuhnya.

Pemecatan ini artinya bekas gelandang Arsenal dan timnas Prancis tersebut telah dicopot dari posisi pelatih tim utama Palace setelah kurang dari dua tahun menjabat sejak 4 Juli 2021, yakni ketika ia mengambil alih tampuk kepelatihan dari tangan Roy Hodgson pada 2021.

Palace merekrut eks pemain Arsenal, Inter Milan, dan Manchester City tersebut setelah sang pelatih bekerja di Ligue 1 Prancis untuk Nice dalam rentang 2018-2020. Vieira meninggalkan Palace dengan rekor 22 kemenangan, 24 seri, dan 28 kekalahan dari 74 pertandingan.

Di musim pertamanya bersama Palace, Vieira membawa klub yang bermarkas di London tersebut berakhir di posisi ke-12 klasemen. Vieira mencatatkan sebelas kemenangan, 15 imbang, dan 12 kekalahan.

Musim ini, Patrick Vieira baru mengumpulkan enam kemenangan, sembilan imbang, dan dua kali menelan kekalahan. Palace baru mencetak 21 gol dengan kebobolan 34 gol.

Selain itu, Palace juga mengonfirmasi bahwa anggota staf kepelatihan Vieira, Osian Roberts, Kristian Wilson, dan Said Aigoun telah meninggalkan klub. Namun, Crystal Palace mengonfirmasi bahwa pelatih kiper Dean Kiely akan tetap di klub.

"Kami juga mendoakan yang terbaik untuk Patrick, Osian, Kristian, dan Said untuk masa depan mereka." tuturnya.

Hingga sejauh ini masih belum ada pengumuman mengenai pengganti Patrick Vieira. Namun, sebagaimana kabar dari Mirror, mantan pelatih Leeds United, Jesse Marsch, dan eks juru taktik Southampton, Ralph Hasenhuttle, masuk dalam pertimbangan klub yang bermarkas di Selhurst Park tersebut. ldn

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU