Unusida Sidoarjo Raih Akreditasi Unggul dari LAMDIK

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 08 Des 2022 16:36 WIB

Unusida Sidoarjo Raih Akreditasi Unggul dari LAMDIK

i

Rektor Unusida Dr Fatkul Anam bersama Ketua BPP Unusida Arly Fauzi memegang SK akreditasi unggul dari LAMDIK

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Kendati masih relatif baru berdiri, namun prestasi demi prestasi terus diraih Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) khususnya Program Studi Sarjana (S1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas NU Sidoarjo (UNUSIDA) Berhasil meningkatkan status peringkat dari terakreditasi C menjadi A (UNGGUL) pada tahun 2022. Hasil keputusan ini tertuang dalam Surat Keputusan Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) Nomor : 764/SK/LAMDIK/Ak/S/XI/2022 yang menyatakan bahwa prodi PGSD memenuhi syarat peringkat akreditasi Unggul tertanggal 25 November 2022 bertepatan dengan Hari Guru Nasional.

Prestasi sama juga diraih untuk Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) membuahkan hasil yang menggembirakan. Prodi yang bernaung di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas NU Sidoarjo (UNUSIDA) tersebut, sukses mencatatkan akreditasi dengan predikat baik sekali dari sebelumnya peringkat C.

Hasil akreditasi Prodi PBI berdasarkan surat keputusan LAMDIK Nomor: 754/SK/LAMDIK/Ak/S/XI/2022 yang disahkan pada, Jumat (25/11/2022) bertepatan pada hari guru menyatakan bahwa Prodi PBI telah memenuhi syarat meraih peringkat akreditasi baik sekali.

Selain menjadi kado istimewa di hari guru, Prodi PGSD merupakan Program studi pertama di UNUSIDA yang mendapat akreditasi Unggul setelah sebelumnya terakreditasi C oleh LAMDIK. Prestasi ini menunjukkan bahwa budaya yang dibangun di lingkungan prodi telah memenuhi standar kerja yang ditetapkan khususnya Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti).

Rektor Unusida Dr. H. Fatkul Anam, M.Si. mengaku kegembiraannya atas hasil tersebut, “Mewakili seluruh jajaran pimpinan saya menyampaikan terima kasih atas kerja keras semua Tim yang terlibat dalam penyiapan borang, dokumen, dan pelaksanaan Asesmen Lapangan. Yakin dengan kerja keras bersama-sama kita buktikan UNUSIDA BISA” jelas Rektor Unusida DR Fatkul Anam saat mengumumkan capaian tersebut didampingi Ketua BPP Unusida Drs Arly Fauzi dan Dekan FKIP Nurul Aini, SPd, MPd serta Kahumas Unusida Idham Kholiq, Rabu (7/12/2022).

Rektor Fatkul Anam mengungkapan rasa syukur atas pencapaian Prodi PGSD yang mendapat akreditasi unggul. Ia pun berharap mudahan-mudahan pencapaian tersebut bisa menjadi pemicu bagi Prodi lain secara khusus dan Unusida secara umum untuk mencapai akreditasi unggul.

Lebih lanjut, Rektor mengungkapkan bahwa tentu hal ini juga merupakan hasil kolaborasi dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, dan stakeholder yang ada. “Semoga menjadi motivasi bagi civitas academica di Unusida untuk lebih serius dan istikamah mengembangkan dan merencanakan program yang lebih berkualitas dan terstruktur, sehingga menghasilkan alumni yang lebih berkualitas dan memiliki ilmu yang barakah,” tuturnya.

Dikatakan, bahwa pencapaian tersebut merupakan kerja kolaborasi semua civitas academica untuk mencapai unggul. Ini tentu tidak lepas dari peran semua pihak mulai dari pimpinan universitas, tidak terkecuali seluruh dosen Unusida dan semua tim yang terlibat. "Ini capaian yang luar biasa dan hasil ini harus disampaikan secara luas ke masyarakat agar prestasi luar biasa Unusida ini tersebar dan diketahui calon mahasiswa," katanya.

Ketua BPP Unusida Arly Fauzi mengaku bangga bahwa salah satu program studi Unusida bisa meriah akreditasi unggul dalam usianya yang baru 8 tahun. "Ini merupakan anugrah Allah SWT bahwa kita bisa meraih prestasi yang luar biasa ini, kami berharap prestasi di dunia ini juga diikuti amalan yang luar biasa juga diakhirat sehingga ada keseimbangan antara amalan ilmu dan agama," katanya.

Dekan FKIP UNUSIDA Nurul Aini, S.Pd., M.Pd. mengaku bersyukur dan gembira dengan hasil akreditasi yang diperoleh 2 Prodi di FKIP. “Alhamdulillah… hanya kalimat itu yang bisa dihaturkan atas nikmat Allah SWT sehingga 2 Prodi di FKIP memperoleh hasil yang tak hanya Baik tetapi Baik Sekali dan Unggul, iya Baik Sekali untuk Pendidikan Bahasa Inggris dan Unggul untuk PGSD. Kedua predikat yang didapat sesuai SK dari Lamdik tepat saat Peringatan Hari Guru Nasional 2022.” terangnya. Nurul Aini mengungkapkan raihan peringkat ini merupakan bukti dari kerja bersama, sehingga bisa mencapai peringkat akreditasi unggul. Ia menambahkan hasil akreditasi ini diharapkan mampu memperkuat dan memperkokoh UNUSIDA dalam AIPT mendatang.

 

  • “Tak lupa atas nama FKIP Unusida, kami mengucapkan banyak Terimakasih atas kerja keras tim akreditasi (taskforce) dari masing-masing Prodi, mahasiswa, stakeholder, alumni, User serta dukungan dari dinas-dinas terkait dan seluruh civitas academica Unusida yang telah meluangkan waktu, tenaga dan usahanya untuk mewujudkan cita-cita bersama” tutupnya. Sg

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU